Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya sangat mengapresiasi produk mainan anak buatan PT Sinar Harapan Plastik (SHP). Apresiasi disampaikan Bambang Prasetya saat melakukan kunjungan industri ke Pabrik PT SHP yang berlokasi di Kamal, Jakarta pada Selasa (5/4/2016). Karya anak bangsa itu, nyatanya tak kalah dengan produk buatan mancanegara. Ini dibuktikan dengan keberhasilan produk SHP bersaing di pasar dalam negeri dan menembus pasar internasional.

SHP diketahui sebagai produsen mainan anak yang memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Pada tahun 2015, perusahaan yang didirikan sejak tahun 1985 itu, berhasil meraih penghargaan tertinggi dari pemerintah RI untuk penerapan SNI, SNI Award.

“PT SHP sudah menjadi pejuang Indonesia untuk berperang dalam komoditi mainan anak. Sebab untuk mainan anak, SNI yang ada saat ini telah mengadopsi standar internasional ISO. Itu artinya kalau sudah memenuhi standar internasional tadi, berarti produk SHP sudah berkelas dunia,” puji Bambang Prasetya. Untuk membangun pasar dalam negeri dan penetrasi ke luar negeri, lanjutnya, jalan produk SHP akan lebih mulus. Karena produk-produknya sudah menerapkan SNI dan standar internasional.

Ungkapan Bambang Prasetya diamini Direktur PT SHP Hary Tio. Ia meyakinkan kepada masyarakat bahwa hasil karya SHP yang telah ber-SNI itu, tidak kalah dengan mainan serupa di luar negeri. “Kami dapat bersaing dengan baik di pasar Indonesia maupun mancanegara,” kata Hary. Sampai saat ini, PT SHP telah mampu memasok mainan anak ke luar negeri, seperti Serbia, Filipina, India dan terus berupaya meningkatkan pasar ke bagian lain di wilayah Asia hingga Timur tengah.

Hary mengakui, penerapan SNI Mainan Anak dan Sistem Manajemen Mutu yang telah berjalan selama 2 tahun ini sangat memberikan dampak positif bagi industri mainan anak di Indonesia. Dengan menerapkan SNI, pengusaha mainan dapat terus berinovasi dan mempertajam kreasi dalam industri mainan di tanah air. “Kami dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan aman bagi masa depan bangsa Indonesia yaitu anak-anak kami semua,” tambahnya. Penerapan SNI pun, diakuinya juga memberikan dampak yang positif bagi peningkatkan penjulan produk PT. SHP. Harry optimis akan perkembangan usahanya di masa depan.

Namun begitu, banyak masyarakat yang masih belum mengenal produk-produk asli Indonesia yang sudah ber-SNI. Untuk itu, kata Bambang Prasetya, PT. SHP harus pintar mensosialisasikan produknya. “Apalagi PT SHP sudah meraih SNI Award, yang bisa menjadi ajang promosi,” ujarnya. Prestasi dalam SNI Award diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan PT. SHP dalam mempromosikan produk-produknya ke masyarakat.

Komitmen Yang Kuat Untuk Terapkan SNI
PT. SHP yang berlokasi di Pergudangan Kamal Indah Kav. 1, Jl. Kamal Raya, Kel. Kamal, Kec. Kalideres, Jakarta Barat, sudah dipublikasikan secara luas telah berhasil meraih SNI Award peringkat Perunggu pada tahun 2015. Komitmen mutu perusahaan yang sudah memasuki Generasi ke-2 ini memang luar biasa.

Didirikan pada tahun 1985 di Jakarta Utara, terus berkembang memproduksi mainan kecil. Tahun 1997, PT. SHP pindah ke wilayah Jakarta Barat dengan menempati luas area 1,7 HA dan masih memproduksi mainan kecil. Pada tahun 2008 PT. Sinar Harapan Plastik mulai mengembangkan produknya dengan memproduksi mainan besar atau mainan tunggang. Saat ini kapasitas produksinya telah mencapai ± 100.000 pcs/bln.

PT SINAR HARAPAN PLASTIK selalu mengedepankan mutu dan keselamatan anak-anak dengan mengikuti persyaratan standar yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia dan peraturan dari negara-negara lain yang menjadi tujuan pasar ekspor. Salah satu persyaratan standar yang sudah dimiliki yaitu: Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Sertifikasi ISO 9001:2008 dan Penerapan dan Sertifikasi SNI.

Selain itu, Produk SHP TOYS juga telah memenuhi Content Lokal (TKDN) dimana bahan maupun barang yang digunakan adalah hampir 100% memakai produk dalam Negeri.

PT. Sinar Harapan Plastik terus berupaya untuk menjadi pelopor industri mainan anak-anak bagi produk dalam negeri. Caranya selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, tetap menjaga kualitas dan keamanan produk dengan standar SNI, inovasi yang tiada henti dan selalu siap menghadapi persaingan baik di dalam maupun luar negeri. “Sportif”. Begitu yang sering diteriakkan karyawan PT. SHP dalam membangun semangat kerja dan kebersamaan mereka. (dnw,ria-humas)